Pages

Sabtu, 09 Juni 2018

Find Your Soul in Seoul Pt. 2 - Fangirling Time!!!


Jumpa di pos ke-2!!!

Btw kalo ada yang bingung itu foto patung apaan di atas, itu adalah patung Gangnam Style, sodara-sodara! Letaknya di depan Coex Mall, Gangnam. Kalau mau ke sini, bisa naik kereta turun di Bongeunsa Station keluar di Exit 7 atau Samsung Station keluar di Exit 6. Atau kayak gue dan Anggi, naik bis 143 dari depan Jongmyo Shrine--walau nggak disarankan karena lamaaa banget sampenya. Ya kecuali kamu pengin liat-liat pemandangan ya nggak apa-apa juga siiiih... Soalnya kereta kan banyakan di terowongan sedangkan bis di jalanan dan sempet nyeberang sungai Han juga, jadi pemandangannya cukup menarik.

Yang mau gue ceritain kali ini adalah seputar tempat-tempat yang bisa kamu didatengin dan barang-barang yang bisa kamu beli kalau kamu pencinta Kpop. Selepas Discover Seoul Pass, gue dan Anggi emang banyak menghabiskan waktu ke tempat-tempat yang berbau Kpop dan karena kami berdua SM stan alias ngefans sama artis-artis SM Entertainment (gue Super Junior dan NCT, Anggi TVXQ OT5 dan SHINee), daerah Gangnam dan Cheongdam jadi fokus kami banget.

Ini pintu masuknya. Begitu masuk, kita akan disambut dengan video artis-artis SM. Naik eskalator, foto artis-artis SM pun bertebaran. Siap-siap jantung, yaa...

Tempat pertama yang kami kunjungi udah gue ceritain sedikit di pos sebelumnya yaitu SM Town Coex Artium (sekarang namanya kalo menurut website resmi SM Entertainment adalah SM Town Theme Park in the City), di mana di dalamnya terdapat SM Museum dan SM Theater. Keduanya bisa dimasuki secara free dengan Discover Seoul Pass. Cara ke sananya gimana? Naaah... Gedung SM Town Coex Artium ini terletak 2 gedung di sebelah Coex Mall. Cara ke Coex Mall seperti yang udah gue kasih tau di paragraf pertama, tapi kalo mau langsung nongol di sebelah SM Town Coex Artium, kamu mending naik kereta turun di Samsung Station ketimbang Bongeunsa Station.

HEECHUL!!!! Baru masuk langsung pengin nemplok ke tembok...

Polaroid di mana-mana!!! Kalau kalian punya waktu seharian di sini, bisa foto-fotoin sepuasnya!!


Di SM Town Museum, SM stan macam gue dan Anggi pasti betah banget karena banyak banget foto-foto polaroid unreleased idola-idola SM dipajang di sini, video-video klip dan unreleased, juga seluruh album dan sketsa rancangan kostum dari setiap album masing-masing idola. Tapi yang paling parah sih NCT, grup termuda SM, karena selain area display mereka menempati spot bekas studio latihan mereka yang sering menjadi latar video-video mereka, di bagian NCT ini pengunjung juga bisa menikmati video pradebut masing-masing anggota NCT dan sejarah bergabungnya mereka dengan SM Entertainment. Duh ngeliat para anggota NCT waktu masih lebih muda tuh gemes banget deh!

Ini syutingnya di tempat yang sekarang jadi SM Town Museum. Kafenya masih ada.

Lemari legendaris. Foto-fotonya udah dicabut dan dipindahin ke bagian foto-foto, dan lemarinya diisi kostum NCT 2018 ketika membawakan Black on Black.

Lemari berisi kostum Black on Black Johnny, Winwin, dan yang lain.

Selain itu, yang menarik tentu saja kesempatan berfoto AR (Augmented Reality) seakan-akan kamu berfoto bareng idola kamu. Untuk mengambil gambar, kamu tinggal scan barcode di tiket (Sebelum masuk SM Museum, beli tiket dulu di loket. Buat pemegang DSP kayak gue, cukup scan DSP lalu kita akan dikasih tiket beserta name tag dengan nama artis idola kita. Naaah barcode di tiket bisa dipakai untuk foto AR dengan semua artis SM Town) lalu berpose di tempat yang disediakan. Nanti di layar akan keliatan kalo idola kamu bergabung untuk berfoto bersama kamu. Pengambilan foto ini nggak dikenakan biaya tambahan. Kamu baru bayar ketika kamu mau cetak foto di pintu keluar. Jadi, misalnya kamu mengambil foto AR dengan TVXQ, Super Junior, SNSD, Red Velvet, NCT, dll. dan di akhir memutuskan cuma mencetak foto kamu dengan TVXQ dan SNSD aja, maka kamu cukup bayar ongkos cetak untuk 2 foto itu. Ongkos cetaknya 5000 won per foto tanpa bingkai. Kalau mau tambah bingkai, tambah bayar lagi dan harga bingkainya yang paling kecil 13.000 won :P

Ini hasil AR photo gue dengan NCT Dream Jeno dan Jisung. Sebenernya gue juga foto sama Super Junior tapi karena guenya kurang oke, jadi ini aja yang dipamerin. Itu yang kiri adalah name tag-nya.

SM Theater yang terletak di lantai paling atas punya jadwal pertunjukan beda setiap harinya. Jadwal bisa kamu cek di website SM Town. Buat bukan pengguna Discover Seoul Pass, sebaiknya bikin akun di website itu dan booking tiket karena harga pembelian tiket online lebih murah daripada on the spot. Saat ini juga ada diskon jika menonton SM Theater dan ke SM Museum sekaligus. Tapi buat gue, tetap lebih untung pake DSP terutama kalau kita mau pergi ke tempat lain yang bisa gratis pakai DSP, misalnya ke MBC World. SM Town juga punya kartu DSP bergambar Red Velvet, Yesung Super Junior, dan NCT 127 lho, kalau kamu mau koleksi!

Cuma berhasil foto waktu pertunjukannya belum  dimulai.

Teater SM Theater ini sebenarnya kayak bioskop, tapi punya 3 layar. Nanti setiap layar bisa memasang video secara sambung menyambung atau benar-benar berbeda satu sama lain. Kebetulan pertunjukan yang gue dan Anggi ambil adalah Elyxion, konsernya EXO yang paling anyar dan masih tur sampai sekarang (maklum ya, kali ini EXO nggak singgah ke Indonesia, jadi mumpung bisa nonton di Korea gratis, ya habek ajalah yaa....). Contoh aja nih, ada bagian di mana ketiga layar dari kiri ke kanan menampilkan seluruh personil EXO menari, tapi bisa juga di layar kiri close up Chanyeol, layar tengah syut keseluruhan panggung, layar kanan close up Baekhyun. Kalau udah begini, bingung deh kita nontonnya! Buat gue, pertunjukan ini keren banget sih baik suara maupun visualnya. Sayangnya, nggak dilengkapi terjemahan bahasa Inggris. Jadi gue dan Anggi banyakan nebak-nebak para personil EXO pada ngomong apa pas sesi ment. Di sini, penonton nggak boleh menggunakan light stick melainkan harus beli tongkat fosfor khusus di toko merchandise. Takut membuat silau, katanya. Juga, penonton dilarang memotret dan merekam selama pertunjukan berlangsung.

Selain dua tempat tersebut, ada kafe juga (dulu namanya SUM Market) yang menyajikan makanan dan minuman dengan nama artis-artis SM Entertainment. Bahkan ada minuman yang disajikan di botol bergambar idola kita (harganya 9000 won, terdiri dari 5000 harga aneka jus buat kita minum dan 4000 harga botolnya). Di samping kafe, ada toko merchandise juga. Lucunya, kursi dan meja di sini penuh tanda tangan artis-artis SM Entertainment, sama seperti kursi-kursi di SM Theater (yang setiap ada artis SM Entertainment yang ultah akan disusun menurut nama julukan artis tersebut). Jadi, kalau beruntung, kamu bisa duduk di tempat bertanda tangan idola kamu. Kayak gue nih, pas banget kemarin beli minuman EXO untuk teman eeeh dapet meja bertanda tangan Baekhyun EXO, lumayan buat difoto dan kirim ke temen gue karena bias dia adalah Baekhyun.

Kue Red Velvet, Jus Apel di botol EXO, dan meja bertanda tangan Baekhyun

Suasana kafenya. Di belakang adalah toko merchandise. Btw, artis-artis SM suka syuting di sini juga lhooo.....

Di luar SM Town Coex Artium di belakang panggung yang sering jadi tempat pertunjukan, terdapat cetakan tangan artis-artis SM Entertainment. Pengunjung bisa bebas mengukur tangan dengan tangan idolanya. Wah puas banget deh foto-foto di sini, apalagi waktu gue dateng lagi nggak terlalu ramai pengunjung.

Beberapa cap tangan member NCT.

Almarhum Jonghyun tangannya kecil banget!

Puas main di SM Town Coex Artium, gue dan Anggi ke kafe J Holic yang terletak nggak jauh dari Coex Mall, tinggal nyeberang jalan dan jalan kaki dikit menyusuri gedung-gedung perkantoran. J Holic ini adalah kafe milik Jaejoong JYJ, dulu personil TVXQ. Anggi suka banget sama dia. Kafenya kecil, nyempil dan di depannya ada perbaikan trotoar, tapi nyaman. Banyak pegawai nongkrong di situ untuk sekadar santai atau meeting. Kita bisa foto-foto dan beli merchandise juga selain beli kopi dan makanannya.

Alamat J-Holic: 109-17 Samseong-1 (il)-dong, Gangnam-gu, Seoul. 


Keesokan harinya, gue dan Anggi pergi ke daerah Apgujeong buat menyusuri K-Star Road dengan Gangnam-Dol-nya dan juga ke kantor agensi terkenal seperti JYP Entertainment, SM Entertainment, dan FnC yang katanya bisa didatangi dalam sekali jalan. Tapi sayang, cuaca hari itu puaanaaaasss buangeeeddh dan ternyata kantor SM Entertainment yang di Apgujeong udah pindah. Akhirnya, setelah foto-foto dengan Gangnam-Dol, kami cuma ke JYP Entertainment.

Gangnam-Dol BTS. Gue nggak tau kalo di belakangnya ada tanda tangan anak-anak BTS coba!

Kantor JYP Entertainment terletak di jalan kecil dan terus terang, kantornya nggak "wah" sama sekali. Malah terkesan tua. Di seberang kantor JYP ada Dunkin Donuts yang terkenal jadi base camp para fans artis-artis JYP. Dan memang, hari itu banyak perempuan bergaya Kpopper duduk dengan laptop masing-masing di dalam Dunkin Donuts. Gue beli jus strawberry dan sempet duduk beberapa saat di sana. Panas cuy, butuh neduh juga kan. Di dalam Dunkin Donuts, banyak pesan fans ke idola mereka beserta foto-foto idola dipajang. Seru juga bacain pesan-pesan fans yang kadang kocak, kadang menyentuh hati. Project fans yang ada hari itu adalah untuk Dahyun Twice yang berulang tahun.

Nongkrong di Dunkin Donuts, jangan lupa beli minumannya ya. Jus strawberry-nya asli dan segaaarr!!!!

Setelah minuman habis, gue dan Anggi nggak meneruskan perjalanan ke agensi lain di sekitar situ tapi langsung ke SM Communication Center. Kami naik bis tapi gue lupa nomor bisnya. Hehe. Yang pasti, kalo naik kereta, turun di stasiun Cheongdam.

Alamat SM Communication Center: 648, Samsung-ro (52-1, Samseong-dong), Gangnam-gu, Seoul
Daftar kantor SM dapat dicek di sini, tapi yang Celebrity Center itu udah tutup.

Buat SM stan pasti sering ngeliat dalem SM Communication Center karena artis-artis SM sering difoto atau syuting di sini. Di sini memang ada studio rekaman SM dan kantor. Buat pengunjung, akses cuma diberikan ke kafe di lantai dasar dan tempat belanja di basement. Terdapat ruang display artis-artis SM Entertainment seperti yang di Coex Artium di bagian depan gedung. Entah display akan berganti seiring waktu atau tidak, kebetulan pas saya datang, mayoritas adalah display Super Junior, seperti black suit yang dipakai di MV Black Suit, foto konser Super Show 7 di Amerika Selatan, dan beberapa karya seniman. Selain itu, kamu bisa baca-baca majalah-majalah yang berisi foto-foto dan wawancara dengan artis-artis SM Entertainment di meja kafenya.

Panas banget nih. Seneng tapi akhirnya berhasil nemu gedung SM Communication Center ini.

Untuk makanan dan minuman sendiri, standarlah yaa... dan gue sih cuma beli green tea latte di sana. Harga minuman di Seoul memang mahal, mulai dari 5000 won dan teh lebih mahal dari kopi. Bersyukur banget deh Starbucks di Indonesia masih Rp 40.000 karena di sana paling murah 6000 won alias Rp 80.000-an tergantung kurs dan harga minuman di kafe-kafe lainnya (termasuk J-Holic dan SM Cafe) juga sekitar segitu. Gue bawa pulang cup holder-nya buat kenang-kenangan. Gratis, hehe!


Di basement ada toko merchandise dan snack.

Di lantai basement, kita bisa belanja-belanji snack, album, pin, gantungan kunci, dll yang berbau idola kita. Tapi hati-hati sama harganya. Snack sih yang mahal menurut gue. Misalnya, snack rumput laut EXO dengan isi nggak seberapa dihargai 3000 won alias Rp 40.000-an sebungkus. Kacang-kacangan Red Velvet, NCT Dream dan lain-lain seharga 19.000 won alias Rp 254.600 sekotak yang nggak gede-gede amat. Yang paling konyol, masker TVXQ dan EXO yang bentuknya nggak jauh beda sama masker Gojek cuma ada tulisan nama artisnya aja dijual 5000 won/buah alias Rp 67.000!!

Gue nggak ngerti sih kegunaan Beauty Nuts sampe harganya 19.000 won sekotak... Apa kita bisa jadi secantik Mbak Irene, gituh?

Mau naik Gojek pake masker ini? HORANG KAYAH!!!

Namun demikian, kalau belanja album, kalian bakal dapet harga jauuuh lebih murah ketimbang beli di Indonesia. Yaiyalah yaaa kan nggak pake ongkir. Untuk album NCT 2018 Empathy, misalnya, cuma 17.300 won alias Rp 231.820 padahal kalau beli di sini Rp 300.000. NCT Dream We Young 14.100 won alias Rp 189.000 padahal kalau beli di sini Rp 235.000. Sayangnya, titipan teman, yaitu album NCT 127 Limitless sudah sold out, baik di SM Town Coex Artium, SM Communication Center, maupun di toko musik lain seperti di Myeongdong dan Ktown4u. Sepertinya SM Entertainment males produksi ulang album ini karena banyaknya printilan di dalamnya.

Sebenarnya, setelah ke SM Communication Center, gue dan Anggi juga berencana ke kafe-kafe personil Super Junior yaitu Mouse Rabbit dan Haru & One Day tapi sayangnya nggak sempet. Mungkin di lain kesempatan.

Selesai ngomongin SM Entertainment, kita beralih ke daerah Myeongdong. Di sini, ada restoran milik Kang Ho Dong, salah satu MC terkenal Korea Selatan. Kalau kalian suka nonton Knowing Brothers atau Star King, kalian akan tahu MC berbadan besar bekas atlet gulat ini. Gue dan Anggi nggak makan di sana karena keburu makan di tempat lain sebelum menemukan restoran yang terletak di gang ini. Jadi, gue cuma foto-foto. Buat kalian yang mau mampir, ini petunjuknya ya.


Lalu, ada juga Myeongdong Cathedral yang menurut Anggi merupakan tempat favorit dari almarhum Kim Joo Hyuk, aktor sekaligus pemain dari 2 Days 1 Night yang meninggal dunia karena kecelakaan mobil di tahun 2017. 


Apa lagi yang seru di Myeongdong? Naaah... buat yang mau belanja CD, Myeongdong juga terkenal dengan toko musiknya yang menjual berbagai macam CD Korea Selatan baik yang baru maupun yang lama. Kalau kamu punya album incaran, kamu bisa belanja di sini. Selain di Myeongdong, kamu juga bisa belanja barang-barang Kpop di Ktown4u yang tokonya ada di mal Lotte Elcube di komplek perbelanjaan Ewha Women's University. Gue nggak nyatet alamat lengkapnya, yang pasti dari jalanan utama yang menuju Ewha University, di belokan terakhir kamu tinggal belok kiri dan kamu bakal nemuin Lotte Elcube ini. Masuk ke situ, di sebelah kanan ada Ktown4u. Selain jual album, toko ini jual lightstick dan merchandise Kpop juga. Lengkap kap kap!

Cara ke Lotte Elcube naik kereta: Ewha University Station MRT Exit 1 ( line2) lalu jalan lurus. Sebelum masuk Ewha Women's University-nya, belok kiri.

Mal-nya yang sebelah kiri warna pink. Ada line store juga di situ.

Selain CD, ada lightstick macam-macam idol. Ini barang-barang official dan kalau cari barang-barang YG Entertainment, di sini tempatnya.

Selain CD dan merchandise Kpop, kalian juga bisa belanja aneka kosmetik yang di-endorse artis-artis Kpop idola kalian. Gue nggak nyatetin harga secara rinci, tapi yang pasti lebih murah daripada yang dijual di Indonesia. Buat penggemar Red Velvet, kalian bisa beli lip laquer Etude House edisi Red Velvet secara set. Atau untuk penggemar EXO, kalian bisa beli satu set hand cream Nature Republic bergambar wajah personil EXO. Naaah untuk Nature Republic ini, sebaiknya belanja waktu minggu diskon mereka. Gue kemarin telat karena gue baru ke tokonya hari Senin sedangkan minggu diskon mereka berakhir hari Minggu kemarinnya. Tapi gue beli hand cream Nature Republic yang edisi biasa varian shea butter dan itu enak banget dipakenya! Waktu di Seoul kulit gue sempet kering banget dan langsung baik pas gue pakein hand cream-nya. Layak beli nih, walau tentu sayang makenya ya kalo ada muka EXO-nya. Hehehe.

Yang akhirnya gue beli adalah parfum W Dressroom yang lagi hits banget karena dipakai Kang Daniel Wannaone dan V dan Jungkook dari BTS. Harga di Seoul jauuuh lebih murah, untuk yang 150 ml cuma 9900 won alias Rp 132.660 padahal di Indonesia dijual di atas Rp 200.000! Gue beli yang nomor 97, April Cotton, karena wanginya enak banget, di Myeongdong. Nyari di toko mana? Tenaaang.... Daerah Myeongdong, Ewha Women's University dan Hongdae punya buanyaaaakkkkk toko kosmetik dan perawatan tubuh. Bahkan Nature Republic ada di stasiun-stasiun kereta. Harga produk di semua toko sama, jadi nggak ada tuh yang namanya harga Nature Republic di stasiun kereta lebih mahal daripada di Myeongdong dsb.

Nomor 97 ini adalah yang dihadiahin V ke Jungkook dan hampir dijatohin sama Jungkook. Wanginya enaak...!!!

Keseruan lain yang gue alami di Seoul? Tentu mencari iklan-iklan ucapan selamat dari fans kepada idola mereka. Kalau kalian Kpoppers pasti pada tau nih project-project iklan ucapan selamat dari fans untuk idolanya. Iklan-iklan ucapan selamat ini banyak bertebaran di stasiun kereta, biasa menjelang pintu keluar. Ketika gue dan Anggi di sana, SHINee sedang merayakan ultah ke-10 dan fans nggak hanya ngebikinin iklan tapi juga menempelkannya dengan post it ucapan selamat. Selain itu ada juga Lee Daehwi Wannaone, BTS, Yook Sungjae BTOB, Baekhyun EXO, dan lain-lain. Seru!

Baekhyun dan Daehwi sama-sama imut, padahal umurnya beda 9 tahun...

Yak, itulah cerita gue seputar jalan-jalan per-KPOP-an. Jelas masih kurang yaa.. Banyak tempat yang nggak jadi dikunjungin dan belum direncanakan. Semoga lain kali ada kesempatan ke sana. Hahahaha... *NABUNG, NA, NABUNG!!!*

Di pos selanjutnya, gue akan ngasih cerita seputar 3 hostel yang gue inapi selama di Seoul. Yep, gue emang hobi pindah-pindah hostel karena suka laper mata ngeliatin foto-foto hostel di Booking.com. Silakan tunggu yaa!

1 komentar:

  1. Kaa, seru banget tour kpop nyaa. Boleh minta itinerary nya kah? Soalnya rencana aku mau kesana tahun depan hehehe. Kalau boleh, kirim ke email aku egha.espe@gmail.com makasih kaaa

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...