Pages

Kamis, 16 Juli 2015

Growbox: Grow Mushrooms in a Box

Hihi..

Gue sekarang lagi ketagihan menanam jamur nih..

Gara-gara temen kantor ada ngetag di Facebook tentang Growbox, gue jadi browsing-browsing trus beli deeh..


Growbox ini sebenernya nama keren buat baglog jamur tiram yang dikemas cantik di dalam box, yang dijual di Bandung, yang kalo kamu ikutin aturan perawatannya, bisa membuat kamu merasakan pengalaman menanam jamur sendiri dari nol sampai panen.

Aslinya, kalo beli di web harus beli minimal 2. Wajar sih, karena satu box Growbox tuh beratnya sekitar 1,5 kg. Sayang aja kalo dikirim kan kenanya jadi 2 kg. Kalo beli 2 kotak kan pas ya 3 kg, jadi nggak rugi. Masalahnya, kirimnya dari Bandung dan ke Jakarta ongkirnya lumayan. Untungnya, karena di Jakarta Growbox ini dijual di The Goods Dept PIM, yang mana malnya selalu gue lewatin setiap pulang kantor, jadi gue langsung beli di sana deh. Bisa satuan dengan harga sama dengan di web tapi nggak pake ongkos kirim.

Harga satu Growbox untuk jamur tiram putih yang biasa adalah Rp. 40.000. Untuk jamur tiram pink, cokelat, biru, dan kuning sama jamur kuping harganya Rp. 75.000. Mahal? Lumayan. Tapi coba deh cari di tempat lain. Biasanya, harga jamur tiram murah, tapi bibit sama baglog alias media tumbuhnya dijual terpisah dan ada pembelian minimalnya yang jumlahnya cukup banyak, karena cuma dijual buat budidaya. Nah, kalo buat iseng atau belajar menanam pribadi, ngapain beli banyak-banyak? Selain itu, biasa juga yang dijual cuma jamur tiram putih, bukan yang jenis lain.

Jamur tiram gue sehari setelah kelihatan numbuh. Mulai bergerombol - 3 Juli 2015

Gue memilih jamur tiram pink karena gue suka warnanya. Hahaha. Klasik banget ya? Tapi emang gue menghindari jamur tiram putih yang udah pasaran. Sebenernya gue sempet dilema antara beli yang pink atau kuning, tapi akhirnya pink yang menang, ya karena alasan selera tadi. Sampai rumah, langsung deh tuh gue buka baglognya. Sayangnya, baglog yang gue beli ternyata udah lumutan dan bau. Wah, sebel banget gue! Langsung deh gue protes via facebook Growbox dan untungnya, langsung direspon walau waktu itu udah malem juga. Oleh Growbox, baglog gue dinyatakan sudah terkontaminasi dan mereka bakal kirim gantinya free. Dan nggak bohong, Kamis malam gue protes, Sabtu pagi baglog pengganti udah sampe.

Tambah gede.. - 4 Juli 2015
Langsung deh gue mengikuti instruksi. Baglog gue gunting lalu gue semprot air. Oh iya, semprotan airnya dikasih bareng boxnya lho! Dan sesuai sama warna jamurnya. Punya gue, semprotannya warna pink!

Mulai kelihatan tudungnya - 5 juli 2015

Secara teori, jamur ini bakal tumbuh seminggu sampai sebulan setelah baglog dibuka dan mendapat asupan oksigen. Tapi nggak tau apa karena kamar gue lembap atau gimana, dalam waktu 3 hari jamur pink gue udah numbuh. Dan dalam sehari, tumbuhnya bisa cepet banget! Gue pun mulai nyari-nyari resep masakan buat si jamur. Untungnya, di website dan instagram Growbox, ada juga resep masakan untuk jamur-jamur ini. Jadi nggak perlu bingung deh jamurnya mau diapain.


Udah hampir siap panen - 6 Juli 2015 pagi
Gue tadinya mau masak resep Tumis Kental Jamur dengan Tahu, karena gue suka silk tofu dan tofu. Sayangnya, gue nggak nyangka kalau tanggal 6 Juli malam harusnya jamur udah panen. Gue terlambat sehari, yang seharusnya nggak apa-apa. Tapi dalam kasus gue, di mana jamur gue tumbuhnya ekstra kilat, jadi apa-apa deh. Tanggal 7 Juli jamur udah agak cokelat di pinggirnya karena telat panen dan tudungnya juga mulai sobek. Jadi, langsung deh jamur gue cabut dan... sama nyokap akhirnya digoreng tepung pake bumbu ayam goreng. Hahahaha.. Enak juga lho! Daging jamurnya kenyal dan tebel. Nyummy abiss kayak makan chicken nugget gitu. Dan, serius, beda banget deh sama jamur krispi yang dijual di gerobakan gitu.

Jamur tanggal 6 Juli malam, seharusnya udah dipanen nih.
Daaan inilah foto hasil masakan dari jamur tiram pink gue yang pertama!!!

jamur nugget ala nyokap. Hehe. Enak!
Setelah panen pertama selesai, katanya gue harus menunggu sekitar satu bulan lagi sampai jamur kembali numbuh di baglog. Walah lama banget ya? Maka setiap hari gue semprot itu baglog sambil melototin, kali-kali ada pink-pink muncul. Hehe. Eeeh taunya bener ada! Kemarin, jamurnya mulai tumbuh lagi. Dan tambah banyak!!! Wah seneng gue. Kalau kecepatan tumbuhnya sama seperti yang sebelumnya, berarti sekitar empat hari lagi kemungkinan gue udah panen lagi. Nanti kalo gue udah bisa bikin resep Tumis Kental Jamur dengan Tahu, gue pamer deh gambarnya yaa..

dapet salam dari jamur tiram pink gue batch 2. Hehe.

Oh iya... sekalian tambahan nih, ternyata di Amerika Serikat, penjual jamur nanem sendiri macam Growbox ini juga ada lho... namanya Back to the Roots. Tapi kayaknya jamurnya cuma satu jenis dan cuma bisa sekali panen. Kerenan Growbox ke mana-mana. Salut lah sama tim Growbox!

Buat teman-teman yang mau ikutan nyoba menanam jamur sendiri dengan Growbox, silakan buka website mereka ya. Ini seru, dan asyik juga untuk pendidikan anak-anak. Dan untuk tanya-tanya, bisa ke facebook chat atau Whatsapp yang tertera di sana. Mereka friendly dan responsif kok.

Selamat menjamurrr!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...