Pages

Minggu, 19 Juli 2015

Masak Yuuk!!

Di pos sebelumnya, gue udah cerita kan ya, kalo jamur gue udah tumbuh lagi untuk batch ke-2. Naah... Kemarin, akhirnya jamur ini gue panen. Nggak sebanyak yang pertama, karena entah kenapa, jamurnya tumbuh nggak merata. Ada yang udah siap panen, ada yang masih kecil. Padahal, jamur tuh harus seluruhnya dicabut, nggak bisa separo-separo aja. Kemarin gue sempet juga nyoba ngediemin sisa jamur yang nggak ikut kecabut. Gue pikir, kali aja bisa numbuh. Ternyata nggak, mereka malah kering. Akhirnya terpaksa gue buang deh sisa-sisa jamurnya T_T

penampakan sebelum si jamur gue cabut. Nggak se-pink yang pertama deh.

Gue pun berencana menggenapi (cieh!) keinginan gue untuk bikin Jamur Tofu yang kemarin gue share resepnya. Buat yang pengen liat resepnya lagi, nih gue kasih (BUKA).

Atau buat yang nggak bisa buka web lain di ponsel atau di manaaa gitu, gue Co-Pas yaa... credit tetep ke Growbox pastinya..

BRAISED TOFU WITH MUSHROOM 

Bahan: 
- 1 Kotak Silken Tofu, bagi 2
- Bayam - 1 Putih telur
- 100gr Jamur Tiram Pink
- 1 siung Bawang Putih, cincang halus
- 4 sdm Saus Tiram
- 1 sdm Minyak Wijen
- 1/2 cup Air
- 1 sdt Tepung Jagung + air untuk mengentalkan

 Cara Membuat: 
- Rebus bayam sebentar, angkat kemudian cincang
- Campur bayam dengan putih telur, kocok
- Tuang putih telur yang sudah tercampur dengan bayam di atas tofu
- Kukus tofu selama 10 menit

 Saus: 
- Tumis bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum
- Masukkan jamur, aduk rata
- Tambahkan saus tiram, minyak wijen, dan air
- Beri campuran tepung jagung dan air untuk mengentalkan
- Angkat tahu dan sajikan di atas piring
- Tuang saus jamur di atas tahu

Setelah dikukus dengan bayam dan putih telur sebenarnya Tofu pada menu ini bisa digoreng juga, tapi sekali-kali kita coba kurangi minyak ya.. jadi dikukus saja sudah cukup.

Resep ini gampang banget diikutin. Gue aja, yang biasanya males banget masak, bisa bikin (walau bareng nyokap juga biar hemat waktu). Ada beberapa modifikasi yang gue bikin. Pertama, karena bayam tanaman gue belum siap panen, gue berencana mau beli di supermarket. Sayangnya, mungkin karena abis Lebaran ya, bayam di supermarket pada layu-layu semua. Maka gue ganti bayam dengan caisim. Caisim ini murah lho, satu ikat cuma Rp. 1.000! Lalu, bukan pake silken tofu, gue pake tofu Jepang yang bulet-bulet itu. Yang rasa ayam, biar lebih enak.

Trus, tips dari gue, mending kalo pake caisim, caisimnya nggak usah direbus dulu. Mending sekalian dikukus bareng tofu karena caisim itu cepat lembek. Caisim gue kelembekan jadinya walau masih bisa dimakan.

Daaan inilah hasilnya!!!

Tofunya nggak kelihatan karena di dasar mangkok.
Rasanya enak banget, kayak di restoran gitu--kecuali bagian caisimnya kelembekan sih. Hehehe. Udah gitu, menu ini nggak perlu pake garam atau vetcin buat penyedap, cukup saos tiram. Minyak buat masak sausnya juga cukup pake minyak wijen.

Cobain deh!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...