Pages

Jumat, 23 Maret 2018

Solo Trip Singapore 3D2N - Part 2 : Hi Singapore!

Akhirnya hari perjalanan!!!



Flight gue ke Singapore adalah flight siang, pukul 11.10 WIB, dengan Air Asia. Sengaja gue pilih jam segini karena jarak dari rumah ke Soekarno-Hatta lumayan jauh dan jalanannya nggak bisa ditebak. Emang sih sekarang ada tol JORR yang nyambung ke bandara, tapi tolnya suka macettttt....

Gue dianter bokap ke Pondok Indah Mal 2, karena mau naik bis JAConnexion alias bis bandara baru dari PPD. Bis ini baru, jadi mungkin belum banyak yang tau. Taunya masih Damri doang. Bis ini sama bagusnya dengan Damri, cuma harganya lebih murah. Kalau naik Damri dari terminal Lebak Bulus tiketnya Rp 40.000, kalau JAConnexion ini Rp. 35.000. Selain di PIM, bis-bis ini juga ada di beberapa mal. Emang spesialis mangkal di mal kayaknya. Bis ini berangkat setiap 1 jam, dan gue naik yang jam 7 pagi. Kepagian? Nggak juga. Seperti gue bilang, jalan ke bandara nggak ketebak. Better early than late, kan? Selain itu, Air Asia sekarang pindah ke Terminal 3, terminal baru yang katanya gede banget. Mungkin akan makan waktu buat nyari-nyari gate dsb.

Ternyata jalanan lancar. Jam 8 gue udah sampe bandara. HAHAHAHA! Terminal 3 ternyata nggak sebesar yang gue takutin. Malah, lebih simpel ketimbang Terminal 2 yang banyak lorongnya. Setelah masuk, kita bakal berhadapan dengan sebuah ruangan besar. Counter-counter maskapai bertebaran. Yang agak tricky, counter Air Asia ada di sebelah kanan ruangan sedangkan ruangan check in, imigrasi dsb di sebelah kiri. Untungnya, karena gue udah web check in via website Air Asia sehingga boarding pass udah di tangan dan gue gak bawa bagasi (cuma bawa 1 ransel dan 1 tas selempang), gue bisa langsung melenggang masuk imigrasi tanpa antre. Hehehehe. Tapi masuknya sih ntaran ajaaa.... Gue mending sarapan dulu.

Ada banyak restoran di Terminal 3 ini, tapi pilihan jatuh ke Bakmi GM (haha!) Bakmi GM punya tempat duduk menghadap ke landasan, jadi gue bisa nontonin pesawat lalu lalang sambil makan, mostly Garuda. Selesai makan gue ke WC yang antre bangeeeddd... Tapi WCnya bersih dan ada tempat buat naro tas, jadinya buat solo traveler kayak gue nyaman banget. Mbak cleaning service-nya juga ada di sana dan sigap ngebersihin WC setiap saat.

Di imigrasi, ransel, tas selempang, badan dicek. Buat wanita, pemeriksanya juga wanita. Ransel sempet dibuka dan dicek detail, tapi amaaan... Pas cek pasport gue cuma ditanya, "Pergi sendiri aja?" yang gue jawab singkat, "Iya", trus pasport dibalikin dan gue bisa lewat. Oiya, sedikit cerita tentang cairan. Buat naik pesawat, ada batasan pembawaan cairan yaitu kita harus menggunakan botol maksimal 100 ml dengan total volume seluruh botol yang dibawa nggak lebih dari 1 liter, semuanya ditaruh di tas/kantong transparan. Gue beli travel kit miniso buat bawa sampo, sabun cair, sabun muka, dan aloe gel. Selain itu, sikat gigi dan odol gue taruh di kantong plastik 1 kiloan. Semuanya gue taro di kantong depan ransel gue supaya mudah ditemukan dan diperiksa. Selain itu, gue juga bawa botol minum kosong buat gue isi di dalam karena Terminal 3 ini nyediain keran air minum kayak di luar negeri. Setelah lolos pengecekan, di ruang tunggu, gue gembok ransel gue supaya aman. Namanya juga solo traveler, semua harus aman terutama tas. Jangan sampe ada yang masukin barang terlarang ke tas gue pas gue meleng!

Travel kit ini berguna banget, harganya juga cuma Rp 29.500, murah!!

Air Asia yang mau gue naikin akan berada di Gate 5, jadi gue jalan ke sana. Gate 5 terletak di ujung. Terminal 3 besar siiih, tapi karena berupa satu ruangan besar, gue nggak bingung. Semua ada angkanya gede dan informasinya lengkap. Di setiap gate ada WC dan WCnya bersih karena sepi. Ada beberapa keran air minum juga. Seperti yang udah gue bilang, buat gue sih ribetan Terminal 2 ketimbang Terminal 3. Banyak toko dan restoran juga di daerah situ. Daaaan.... ini gue sebenernya pengin coba, tapi gue takut ketiduran dan ketinggalan pesawat: ada area kursi malas buat kita istirahat! WOW!

Pesawat gue ternyata delay 30 menit sehingga disalip sama Air Asia tujuan Manila. Selain delay, dia pindah gate juga ke gate di wilayah yang belum dibuka untuk umum. Oleh karena itu, semua penumpang dibawa naik bis ke sisi sana baru naik ke pesawat. Namun, sekali lagi, informasi cukup jelas. Televisi petunjuk langsung update informasi, ground crew juga informatif. Ngantre dikit buat naik bis nggak apa-apalah asal selamat, yekaaan?

Singkat cerita, pesawat terbang mulus. Gue nggak milih tempat duduk dan nggak pesan makanan, jadi gue duduk di tengah. Nggak apa-apa, masih bisa liat keluar jendela di sebelah kanan gue. Dan untungnya, karena sebelah gue adalah bapak-bapak muda yang bawel, cerita melulu ke anaknya yang ada di seberang lorong, gue jadi rileks dan fokus nguping cerita si bapak, padahal aslinya gue cukup parno naik pesawat. Makasih loh Pak. Pelajaran yang gue petik dari perjalanan ini adalah, bawah orang annoying pun bisa jadi membantu pada saat yang tepat. Jadi, mengucap syukur senantiasa ya!

DAN TIBALAH GUE DI CHANGIIII!!!!!

Muka senang setelah mendarat di Changi, sebelum bertemu Om Imigrasi yang jutek
Sampe Changi di Terminal 4-nya yang baru. Seperti biasa, Changi selalu cantik dan hi-tech. Tempat minum bertebaran, gue sempet minum di kerannya karena botol air gue nggak gue isi dan mulut gue rasanya udah kering banget. Rasa airnya kayak berkaporit. Hahaha. Ya emang kan ya? Semua air Singapore kan air olahan...

Hal pertama yang gue lakukan setelah itu? Nyari sinyal henpon. Oiya, soal paket roaming kalo ke luar negeri niiih... Karena gue pake XL pascabayar, maka gue sebelumnya udah telepon ke 817 buat aktifin XL Prio Pass. Untuk 3 hari ke luar negeri di negara partner, biaya paketnya Rp 150.000, diaktifin pas gue di PIM karena katanya kalo di Soetta sering gagal karena pengalihan sinyal. Pas landing Singapore, gue pindahin setting jaringan ke M1 (bisa Singtel juga, tapi pas gue coba Singtel kok lama). Daaan... berhasil dengan cepat. Sementara antre imigrasi, gue bisa whatsapp-an sama Nyokap, ngabarin kalo gue udah sampe.

Barisan imigrasi ada banyak dan petugasnya beraneka ras: ada Chinese, India, Melayu dan semuanya serius. Sebagai orang yang menggunakan logika orang kebanyakan, gue pilih barisan terpendek dooong... Pasport, tiket pesawat, lembaran form yang gue dapet di pesawat buat diisi, catatan alamat hostel semua udah gue siapin di kantong transparan (liat foto gue di atas) buat antisipasi kalo ditanya-tanya (ini soalnya daerah rawan dan petugas suka nanya buat mastiin kita bakal balik ke negara asal bukan jadi pekerja ilegal di Singapore. Salah jawab, bisa dideportasi). Ternyata eh ternyata, GUE BERADA DI BARISAN YANG SALAH!! Karena barisan gue lamaaa banget majunya. Sementara barisan sebelah udah maju berapa orang, barisan gue masih stuck. Petugas gue seorang bapak Chinese bermuka jutek. Gue tadinya udah mikir mau pindah barisan, tapi kok pas gue ngelirik si bapak, eeeh dia juga lagi ngeliatin gue. Gue diem aja. Pas gue ngelirik lagi, dia juga lagi ngeliatin gue. Kalo gue pindah barisan ke petugas Melayu yang barisannya cepet jalan di sebelah kok takutnya gue malah diteriakin dan diseret ke ruangan karena dituduh melakukan hal mencurigakan... Jadi ya gue pasrah aja deh.

Akhirnya tiba giliran gue. Sementara pasport dan form isian gue diperiksa, si Bapak Jutek meminta gue menaruh dua jempol di alat scan sidik jari. Gue agak bingung kapan gue harus angkat jari gue, trus gue cengo gitu kan. Tau-tau si Bapak ngeliatin gue dan minta gue ngulang scan. Setelah selesai, dia malah ngomong gini ke gue, "Your first finger print look like this (jarinya ngebentuk segitiga kecil).Why are you so nervous?  HAHAHAHA!" Ho'oh, tiba-tiba tuh bapak ngakak trus nyuruh gue lewat!!! Buset! Ya udah gue ngacir... Muka gue komedi banget apa?

Sekadar tips. Jangan pernah sok akrab sama petugas imigrasi. Mereka emang dilatih untuk selalu waspada. Kalo lo pake basa-basi, yang ada lo bakal dicurigain karena mencoba mengalihkan perhatian. Mending kalem aja, pasang muka biasa. Jawab hanya kalau ditanya dan tanya kalau emang ada yang lo kurang mengerti. Gak usah senyum-senyum sendiri. Kalo petugas minta geledah tas, ngangguk aja dengan percaya diri. Jangan foto-foto di area imigrasi atau lo bakal ditarik kasar dan diminta hapus foto-fotonya. Lo ga bakal dilepas sampe mereka ngeliat foto-fotonya udah dihapus semua. Ini pernah kejadian sama gue dan temen gue di 2011.

Terminal 4 nggak punya akses skytrain kayak terminal-terminal lainnya. Jadi, gue harus nunggu shuttle bus buat ngebawa gue ke Terminal 2, letak stasiun MRT ke tengah kota. Tempat tunggu shuttle bus terletak di ujung gedung. Shuttle bus ini gratis. Sebelum naik MRT, gue memutuskan untuk makan siang dulu karena udah laper meeen.... Berdasarkan info yang gue dapet dari browsing-browsing, Changi punya kantin staf yang enak dan lumayan ramah di kantong alias murah. Cuma kita harus pinter-pinter cari jalan ke sananya. Jalan masuk ke kantin staf ada di gedung parkir, yang berada di sisi berlawanan dengan stasiun MRT. Setelah sampai gedung parkir, ada lift yang ada poster staff canteen-nya. Tinggal naik lift ke lantai 3M dan.... taraaa!!! Sampai deh. Nggak ribet ternyata.

Tinggal naik lift ini nih.Liftnya sih agak spooky, tapi cepet sampe kok!

Kantin ini emang punya banyak makanan enak, tapi gue akhirnya memutuskan beli nasi ayam saus thai yang ternyata semacam nasi pake ayam katsu dan dikasih sambal bangkok Indofood. Bonus telur ceplok gak penting gitu. LOL. Untuk harga ternyata nggak murah-murah amat karena SGD 5 lebih gitu deh. Yang murah cuma sebatas nasi lemak dan roti gitu yang emang di luaran murah juga harganya. Tapi porsinya sih mengenyangkan bangett!!! Selain gue, ada staf juga yang beli makanan di situ dan kalau menunjukkan kartu staf, harga makanan jadi lebih murah. Tau gitu gue nebeng mereka yak? Hehehe *minta digampar*

Ini nasi ayam ala thai-nya. Telur ceploknya gak secakep yang di gambar. Harga 5 dollar sekian.

Selesai makan, gue ke stasiun MRT. Stasiun ada di sisi Terminal 3 yang berlawanan dengan gedung parkir, jadi gue harus jalan lumayan jauh. Hebat emang Singapore ini, belum-belum gue udah olahraga. Turun 2 lantai pakai eskalator, sampailah gue di stasiun MRT. Cek dulu sisa saldo EZ Link gue (yang gue pinjem dari teman kantor), sisa SGD 3. Akhirnya gue isi saldo SGD 10 di alat yang tersedia. Cara isinya gampang, mesinnya touch screen. Tinggal tempel kartu, masukin uang di tempat yang tersedia, pilih angka top up yang kita mau, lalu beres. Setelah itu, sistem tap-nya seperti naik Transjakarta atau Commuter Line. Perhatiin papan petunjuk. Untuk MRT dari bandara, jalurnya adalah jalur hijau tapi kita cuma naik sampai Tanah Merah. Nanti di sana, kita akan ganti naik MRT dari Pasir Ris ke stasiun terakhir yang disebutkan di dalam MRTnya. Aslinya sih MRT jalur ini sampai ke Tuas Link, tapi beberapa kali gue naik ada juga yang cuma sampai tengah-tengah (macam Transjakarta aja nih!). Karena gue mau ke Chinatown, gue harus turun di Outram Park lalu ganti jalur ungu ke Chinatown.


Sampai Chinatown!!! Hostel gue, Royal Hostel Singapore, ada di Smith Street. Kalau naik MRT, setelah turun di stasiun Chinatown, keluar di Exit A yaitu Pagoda Street (sekali lagi, ada petunjuknya. Mantap lah Singapore ini!), tempatnya toko-toko oleh-oleh dan restoran. Sebelah Pagoda Street ada Temple Street dan baru Smith Street. Smith Street sendiri terkenal sebagai pusat makanan. Jalanannya tertutup untuk kendaraan dan meja-kursi serta gerobak makanan berada di tengah jalan. Smith Street dilengkapi kanopi yang melindungi tamu dari panas dan hujan. Buat yang bisa makan haram-haram alias babi, kamu bakal bahagia banget deh di sini!! Tapi sayangnya beberapa menu disajikan per porsi besar alias buat makan rame-rame. Buat yang sendirian kayak gue, agak sedih yaa..

Smith Street. Panas terik hujan badai amaaaan makan di sini mah!

Hostel gue terletak tepat di tengah Smith Street, di lantai atas sebuah restoran yang selalu rame. Tangganya tinggi. Resepsionis ada di lantai 2. Ketika check in, gue langsung diminta melunasi biaya menginap 3 hari 2 malam dan scan pasport. Resepsionis, yang cukup ramah, juga menjelaskan mengenai barang-barang yang dapat disewa (handuk, gembok, botol minum), pin masuk kamar dan cara menggunakannya (dia juga nyuruh gue praktik memasukkan pin untuk memastikan gue ngerti dan nggak lupa), tur keliling kamar (sambil ngasih tau kalo ngambil air putih tuh gratis asal bawa botol sendiri), dan ngasih voucher sarapan di restoran pinggir jalan. Resepsionis hostel ini cuma ada sampai jam 9 malam. Jadi, kalau kita check in setelah jam ini, kita akan dikirimin pin masuk kamar dan kita harus ninggalin kertas berisi nama kita di kotak di depan pintu resepsionis.

Tangga hostel. Liat di tembok sebelah kanan ada pintu? Itu pintu resepsionis dan kamar pertama. kamar gue naik mentok, masih belok kanan naik lagi. Halah!

Tempat tidur gue ada di deret kedua dekat pintu, di bunk bed atas. Karena gue tiba siang hari, kamar hampir kosong kecuali di tempat tidur bawah sebelah gue. Kayaknya isinya cowok yang sibuka main game. Gorden menutupi semua kecuali kakinya yang menjulur keluar dan menunjukkan bulu-bulu kaki. Hehe. Gue segera membereskan isi tas. Barang-barang kurang penting yang gue taruh di tas selempang gue pindah ke ransel. Buat jalan-jalan, biar ga membebani, cukup bawa uang SGD dan paspor yang gue taruh di pouch sementara dompet berisi KTP, kartu kredit, uang Rupiah dll gue taruh ransel. Perlu diingat untuk selalu bawa pasport ke mana pun kita pergi, karena pasport berfungsi sebagai pengenal kita di negara orang! Setelah beres, gue buru-buru mandi karena gue udah ada janji sama temen gue. Singapore hari itu puanaaasss dan lembap banget. Parah deh! Mandi showeran berasa menyenangkan. Travel kit Miniso terasa berguna banget karena bikin nggak ribet.

Selesai mandi, gue pun jalan. Ceritanya akan gue pos di pos berikutnya, di mana gue akan nyeritain tentang seluruh tempat yang gue kunjungi yaaa...

Kembali ke hostel. Naaah... Seperti gue udah bilang di pos pertama, tinggal di hostel berarti ada kemungkinan kamu sekamar sama cowok. Dalam kasus gue, di hari pertama, kayaknya gue cewek satu-satunya atau salah duanya deh. Seluruh penghuni kamar cowok meeen!!! Tapi apa mengurangi kenyamanan gue? Nggak juga. Walau personal space gue kecil, cuma sebatas tempat tidur, gue bisa bongkar-bongkar tas di atas kasur. Cuma buat ganti baju aja harus di kamar mandi. Enaknya sekamar bareng cowok, mereka gerak cepet. Mandi dll sampai pergi mereka cepet banget. Ini bedanya sama cewek-cewek. Di hari Sabtu-Minggu, situasi berubah. Banyak banget cewek check in, mostly dari Thailand kalo denger bicaranya. Ya ampun, selain kamar mandi jadi penuh rambut rontok, mereka juga berisik dan dandannya lama banget. Bukannya mau merendahkan atau meledek, tapi memang itulah bedanya sekamar sama cowok-cowok dan sekamar sama cewek-cewek.

Sekian cerita hari pertama gue di Singapore. Lanjut ke cerita berikutnya soal jalan-jalan gue.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...