Pages

Minggu, 12 Juni 2016

Tips Menanam Sayur : Okra

Eh Okra itu masuk buah atau sayur sih? Sayur kan ya? Kan bisa ditumis tuh..

Okra sebenarnya bisa dimasak, bisa juga dimakan mentah langsung. Tapi, kalo gue, gue konsumsi lendirnya aja. Jadi, okra dipotong-potong, rendam dalam air dan masukin kulkas seharian, saring, minum air lendirnya. Khasiatnya banyak, antara lain melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol. Mau baca lebih lengkap, klik sini aja. Rasanya segar dan nggak bau. Gue lebih suka air okra ketimbang air ketimun.

Okra adalah tanaman terfavorit gue di taman rumah gue so far. Kenapa? Karena tanaman ini gampang banget tumbuhnya dan dia juga gak bawel perawatannya. Tinggal taruh benihnya di tanah, dia tumbuh terus, daaan... pas udah gede, dia berbunga sehari, bunga rontok, mulai tumbuh buah. 3 hari, buah siap dipetik. 

Okra. 2 udah jadi buah, 1 bunga, 1 calon bunga


Serius segampang itu? Iya, kalo lo nemu benih yang bagus... Hehe. Sama sih seperti kalau lo beli benih lainnya, pasti ada yang bagus ada yang jelek. Kalo dapet yang jelek, baru numbuh sedikit, pohon bisa tiba-tiba mati tanpa alasan yang jelas. Atau pas numbuh mandek di tengah-tengah alias ukurannya segitu-segituuuu aja walau udah lo siram, lo pupuk, lo ganti tanah, lo jemur, dan usaha lainnya. Maka, ketika lo berencana menanam 1 pohon okra, coba tanam 3 benih okra dulu. Lihat mana yang paling oke numbuhnya, itu yang lo pertahankan. Kalau ternyata semua oke, yaaa beruntunglah elo, jadi punya 3 pohon okra.

bunga okra manis, umurnya cuma sehari tapi...

Seperti tadi gue bilang, okra bisa ditanam langsung di tanah, tapi bisa juga di pot yang diameternya besar, karena pohonnya lumayan besar. Lalu.... akarnya tunggang, jadi rawan roboh. Harus diiket sama bambu atau besi di awal-awal pertumbuhannya. Kalo udah gede sih dia kuat berdiri sendiri. Kalau berdasarkan pengalaman gue, okra ini daunnya sedikit. Ketika daun di atas mulai lebat, daun yang paling bawah alias paling tua akan menguning dan gugur. Ketika dia siap berbuah, akan muncul kuncup-kuncup bunga. Biasanya sih 3-5 kuncup, tapi mekarnya satu per satu. Buah okra sebaiknya dipetik setelah 3 hari atau ketika masih muda tapi ukurannya sudah cukup besar, supaya lendirnya masih banyak dan belum begitu berserat. Kalau tua, okra akan susah dikunyah dan lendirnya menghilang, padahal yang bermanfaat kan lendirnya.

Mau punya benih okra sendiri? Caranya gampang. Cukup pilih satu buah untuk kamu ambil bijinya. Diamkan saja buah itu di pohon sekitar sebulan, nanti mengering sendiri dan retak kulitnya. Kamu bakal bisa ngintip kalau bijinya sudah menghitam dan kering. Satu buah okra bisa menghasilkan sampai 60 benih. Banyak kaaan??? 

Hama pohon okra yang gue alami sejauh ini adalah belalang yang kayaknya doyan banget makan daunnya. Tapi nggak seberapa parah sih, jadi masih gue cuekin.

Oh iya, ini foto okra yang baru jadi benihnya!

Dia ngintip.
Berhubung gue lagi punya banyak benih okra, kalau ada yang mau, bisa bilang di komen ya. Atau email saya di martina.s.daruli@gmail.com. Nanti saya kasih 5 benih okra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...